Rabu, 07 Maret 2012


RIWAYAT PENGHIMPUN HADIST (PART 6)

Imam Ibnu Majjah & Sunannya
(209 – 273 H / 824 – 887 M)

            Nama lengkapnya adalah Imam Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah ar-rabi’I al-Qazwini. Dilahirkan di Qazwin pada tahun 209 H. Untuk mencapai usahanya dalam mencari dan mengumpulkan hadist, ia telah melakukan pengembaraan ke beberapa negeri, seperti Irak, Hijaz, Syam, Mesir, Kufah, Bazrah dan negara² serta kota² lain.

            Kitab As-Sunan adalah salah satu kitab karya Ibn Majah terbesar yang masih beredar hingga sekarang. Dengan kitab inilah nama Ibn Majah menjadi terkenal. Ia menyusun Sunan ini menjadi beberapa kitab & beberapa bab. Sunan ini terdiri dari 32 kitab serta 1.500 bab, sedangkan jumlah hadistnya sebanyak 4.000 hadist.

            Sunan Ibn Majah memuat hadist² Shahih, hasan, dan dhaif (lemah), bahkan hadist² Munkar & Maudlu’ meskipun dalam jumlah yang sedikit. Dibandingkan dengan kitab² Sunan yang lain, nilai Sunan Ibn Majah berda jauh dibelakangnya. Hal ini berdasarkan banyaknya hadist dhaif didalamnya.

            Imam Ibn Majah wafat pada tanggal 22 Ramadhan 273 H. Jenazahnya dishalatkan oleh saudaranya, Abu Bakar. Sedangkan pemakamannya dilakukan oleh dua saudaranya, Abu Bakar & Abdullah serta putranya, Abdullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar