Rabu, 07 Maret 2012


RIWAYAT PENGHIMPUN HADIST (PART 3)

Imam Abu Dawud & Sunannya
(202 – 275 H / 817 – 889 M)

            Imam Abu Dawud adalah Sulaiman bin al Asy’as bin Ishaq bin Basyir bin Syidad bin Amr al Azdi as Sijjistani. Ia dilahirkan pada tahun 202 H / 817 M di Sijjistan. Sejak kecil, Imam Abu Dawud sangat mencintai imu dan para ulama. Sehingga ia bergaul dengan mereka untuk dapat meneguk & menimba ilmu.

            Sebelum mencapai usia dewasa, ia telah mempersiapkan dirinya untuk mengadakan pengembaraan mengelilingi berbagai negeri. Ia belajar hadist dari para ulama yang ia jumpai di Hijaz, Syam ,Mesir, Irak, Jazirah, Sagar, Khurrasan dan negeri² lain.

            Imam Abu Dawud mendengar & mwnulis hadist rasululloh SAW sebanyak 500.000 hadist, lalu diseleksi lagi menjadi 4.800 hadist. Kemudian dituangkan dalam Sunan Abi Dawud. Sunan Abi Dawud adalah salah satu karyanya yang paling bernilai tinggi & paling terkenal. Dalam Sunan Abu Dawud terdapat hadist Shahih, semi Shahih & yang mendekati Shahih.

            Setelah mengalami kehidupan penuh berkah yang diisi dengan aktifitas ilmiah menghimpun & menyebarluaskan hadist, Imam Abu Dawud meninggal di Basyrah tanggal 16 Syawal 275 H / 889 M.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar