Rabu, 07 Maret 2012


RIWAYAT PENGHIMPUN HADIST (PART 2)

Imam Muslim & Shahihnya
(206 – 261 H / 820 – 875 M)

            Nama lengkapnya adalah Imam Abdul Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz al Qusyairi an Naisaburi. Ia dilahirkan di Naisabur pada 206 H. Kehidupannya penuh dengan berbagai kegiatan terpuji, mulia, berkelana ke berbagai negeri untuk mencari hadist & riwayat.

            Ia pergi ke Hijaz, Irak, Syam, Mesir, dll. Ia belajar hadist sejak masih dalam usia dini yaitu mulai tahun 218 H. Diantara karya² Imam Muslim yang paling agung & sangat bermanfaat luas, serta masih tetap beredar hingga kini ialah Al-Fami’ as-Shahih/ yang terkenal dengan Shahih Muslim.

            Imam Muslim sangat teliti & berhati-hati dalam menyusun sebuah hadist, beliau juga sempat menyatakan bahwa “ tidaklah aku (Imam Muslim) mencantumkan suatu hadist dalam kitabku ini, melainkan dengan alasan, juga tidaklah aku menggugurkan suatu hadist melainkan dengan alasan pula.

            Menurut Ahmad bin Salamah bahwa Shahih Muslim berisi 12.000 hadist (beserta hadist yang diulang-ulang penyebutannya) dan menurut ibn Shalah menyebutkan dari Abi Quraisy al-hafis bahwa hadist Shahih Muslim itu sebanyak 4.000 (yang tidak disebut berulang).

            Setelah mengarungi kehidupannya yang penuh berkah itu, Imam Muslim akhirnya wafat pada minggu sore & dikebumikan di kampong Nasr ‘Abad, salah satu daerah diluar Nassabur pada hari Senin, 25 Rajab 261 H dalam usia 55 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar